SELAMAT DATANG DI WEBSITE PENGURUS KABUPATEN PERSATUAN PERAWAT NASIONAL INDONESIA KABUPATEN KUDUS

Friday 2 March 2007

PELANTIKAN BRIGADE SIAGA BENCANA PPNI KUDUS


Bertempat di RM 35 Kudus, pada tanggal 19 Februari 2007 Ketua PPNI Propinsi Jawa Tengah Hj. Suharsi, SKM, M.Kes melantik Brigade Siaga Bencana bentukan pengurus PPNI Kabupaten Kudus. BSB PPNI Kabupaten Kudus sendiri diketuai oleh Suroso, S.Kep yang juga ketua PPNI Kabupaten Kudus, sedangkan pekasana harian di ketuai oleh ketua Devisi Pelayanan Keperawatan. Brigade ini terdiri dari sekitar 40 perawat yang dipersiapkan untuk melakukan backup dalam upaya membantu para korban musibah bencana. BSB dibagi menjadi 4 tim sesuai zona.
Ketua PPNI Jateng menyatakan BSB PPNI Kudus merupakan yang pertama kali dibentuk oleh PPNI Kabupaten di Jawa Tengah, mungkin juga di Indonesia. Ini merupakan prestasi tersendiri bagi pengurus PPNI Kabupaten Kudus. Acara yang dihadiri oleh Kepala Dinkes Kudus dan perwakilan Bupati Kudus ini juga dimeriahkan dengan simulasi penanganan korban dengan ancaman jiwa oleh anggota BSB Kudus.
Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Kantor Kesbanglinmas, Bupati Kudus menyampaikan ucapan selamat atas terbentuknya BSB PPNI Kabupaten Kudus. Lebih lanjut Bupati menyatakan bahwa Kabupaten Kudus berada di lereng Gunug Muria yang rawan bencana, selain itu Kduus sebagai kota industri terdapat banyak pabrik dan pemukiman padat penduduk. Untuk itu dengan adanya BSB PPNI Kudus diharapkan banyak memberikan konstribusi terhadap penanganan korban bencana yang terjadi di Kudus maupun daerah-daerah sekitar di Jawa Tengah.
Kegiatan pelantikan BSB ini dirangkai dengan rapat kerja pengurus PPNI Kabupaten Kudus. Acara raker ini juga merupakan raker yang pertama kali yang diadakan PPNI Kabupaten di Jawa Tengah. Raker yang diikuti sekitar 70 peserta terdiri dari pengurus Kabupaten dan Pengurus Komisariat PPNI di Kabupaten Kudus ini berlangsung sukses dalam suasana yang dinamis. Kegiatan raker ini penting dalam rangka menyusun rumusan program kerja dan agar pengurus mengetahui, memahami serta bisa mengimplementasikan program kerja sesuai bidang masing-masing. Selain itu kebijakan organisasi yang berdasarkan AD/ART diharapkan dapat tersosialisasikan kepada seluruh anggota.
Dalam raker itu juga dibahas isue-isue strategis dan hangat, antara lain tentang peran perawat di Desa Siaga, praktek keperawatan mandiri, seleksi TKHI/ TKHD dan lain-lain. Ketua PPNI Propinsi Jawa Tengah yang berkenan menghadiri, menyampaikan pesan-pesan penting terkait dengan isue-isue strategis yang menjadi perdebatan peserta raker. Selain itu Suharsi, SKM, M.Kep. berharap prestasi-prestasi pengurus PPNI Kabupaten Kudus dapat diikuti oleh pengurus Kabupaten lain di Jawa Tengah.

No comments: